Manfaat Ikan Bagi Kesehatan Tubuh Bag. 1

  • By Admin

Ikan merupakan salah satu sumber protein yang baik untuk kesehatan. Apapun jenis ikannya, karena lemak yang terdapat dalam ikan adalah lemak tak jenuh, hal ini membuatnya mudah untuk bisa dicerna oleh tubuh dengan baik. Di Visnoe, berbagai olahan ikan berkualitas ekspor bisa dinikmati, seperti rawon tuna, sop buntut maguro hingga hidangan eksotis seperti mak jumbo dan mak sumsum.

Kandungan nutrisi ikan terdiri dari:

  • Asam lemak Omega-3
  • Vitamin : D dan B2 (riboflavin).
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Mineral : zat besi, seng, yodium, magnesium, dan kalium.

Manfaat ikan untuk tubuh:

1.Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat pertama dari konsumsi ikan adalah mencegah terjadinya penyakit jantung. Menurut sebuah penelitian, suku  bangsa  Eskimo yang bertempat tinggal di Greenland memiliki prevalensi dari penderita penyakit jantung yang sangat rendah. Hal serupa juga terjadi di Jepang, disana jarang sekali ditemukan orang yang menderita  penyakit  jantung koroner. Apakah yang menyebabkan semua itu terjadi? Rahasianya sederhana saja, orang Eskimo dan orang Jepang suka sekali makan ikan.Sashimi adalah makanan yang mengandung banyak manfaat ikan salah satunya manfaat ikan salmon. Orang Jepang sering mengkonsumsi makanan ini, dengan bahan utama ikan segar dalam keadaan mentah. Dalam sehari, orang Eskimo mengkonsumsi ikan sekitar 300­-400 gram dan orang Jepang biasa mengkonsumsi 100-200 gram ikan setiap harinya.

2. Makanan Pendamping Nasi Terbaik

Jika sedang bosan harus makan siang dengan lauk yang itu-itu saja, bisa coba untuk mulai memasukkan ikan sebagai daftar menu pendamping nasi yang memanjakan lidah. Ikan merupakan sumber protein hewani yang memiliki banyak keunggulan yaitu kaya akan protein, vitamin, mineral dan berkalori rendah. Ikan sangat bagus bagi yang ingin menjaga kesehatan pencernaan selain dari manfaat sayur-sayuran. Kandungan gizi yang terdapat di dalam ikan juga sangat baik bagi tubuh seperti asam amino esensiil  maupun non esensiil serta memiliki daya aborpsi yang tinggi yaitu 90-100 persen. Ikan juga mudah untuk diolah baik itu digoreng, dikukus atau direbus yang lebih sehat.

3. Mencegah Kolesterol

Seseorang yang rentan terkena penyakit jantung koroner adalah orang yang memiliki kadar kolesterol di atas 300 mg/dl. Namun, ancaman dari penyakit kolesterol tidak akan terjadi jika rutin mengkonsumsi ikan.Manfaat minyak ikan (cold liver) yang ada di dalam ikan, mengandung asam lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan jantung yaitu asam lemak omega 3.

4. Memfasilitasi Program Diet Sehat

Jika sedang menjalankan program diet, mengkonsumsi ikan merupakan pilihan yang baik untuk tubuh. Ikan kaya akan vitamin, mineral, dan nutrisi. Orang yang suka mengkonsumsi biasanya akan jarang mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak jenuh seperti yang terdapat pada manfaat daging atau keju.

Mengapa ikan penting untuk diet?Ikan tidak memiliki kolesterol yang tinggi, sangat tinggi protein dan vitamin serta memiliki kandungan omega 3 yang sangat tinggi.

5. Menyehatkan Sistem Kardiovaskuler

Manfaat mengkonsumsi ikan dapat mencegah terjadinya penyakit berat seperti gagal jantung. Olahan ikan yang sehat dapat mencegah terjadinya akumulasi trigliserida, mengurangi adanya tingkat trigliserida yang berlebihan, dapat meningkatkan HDL (kolesterol yang baik), dan mencegah adanya pembekuan darah. Hal ini secara keseluruhan akan memudahkan sistem kerja kardiovaskuler.

6. Ingin Pintar ? Makan Ikan

Pernah mendengar istilah atau saran ini ? bagaimana tidak, manfaat omega 3 sangat ampuh sebagai nutrisi yang dapat mencerdaskan otak.Tips pintar dengan konsumsi ikan:

  • Biasakan makan ikan sejak menyusui
  • Berikan anak ikan secara rutin
  • Ikan tim (bukan digoreng lebih banyak nutrisinya
  • Konsumsi ikan segar, pilih ikan yang tidak terkontaminasi.

7. Menstabilkan Tekanan Darah Tinggi

Asam lemak omega-3 merupakan jenis lemak yang terdapat pada minyak ikan yang sangat penting untuk mencegah dan menstabilkan tekanan darah tinggi. Kandungan tinggi asam lemak omega 3 banyak terkandung dalam ikan salmon dan mackerel.

8.Mengurangi risiko stroke

Tekanan darah tinggi dan makanan tinggi lemak merupakan salah satu penyebab utama terjadinya stroke. Konsumsi daging ikan secara rutin akan membantu mengurangi tekanan darah dan sangat baik untuk sistem kardiovaskuler tubuh. Dengan demikian anda yang suka dengan makan ikan akan sedikit mengurangi risiko penyakit stroke.


Related Posts

Manfaat Ikan Bagi Kesehatan Tubuh Bag. 2

Ikan merupakan salah satu sumber protein yang baik untuk kesehatan. Apapun jenis ikannya, karena ...

Manfaat Ikan Bagi Kesehatan Tubuh Bag. 1

Ikan merupakan salah satu sumber protein yang baik untuk kesehatan. Apapun jenis ikannya, karena ...